Mengenal (Olahraga HIIT)


Mengenal Olahraga HIIT

Olahraga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, diantaranya tingkatkan metabolisme badan. Tetapi terkadang sebab begitu repot melakukan aktivitas, kamu jadi tidak sempat olahraga. High Intensity Jeda Training (HIIT) dapat jadi jalan keluar buat kamu yang mempunyai kegiatan yang padat. 

HIIT ialah cara latihan kardio yang dapat dikerjakan dalam tempo yang singkat, kira-kira 10-30 menit dalam 1x latihan. Sesudah lakukan olahraga ini, metabolisme badan akan bertambah serta badan selalu membakar lemak, serta saat beristirahat. 

Beberapa manfaat HIIT untuk Kesehatan 

HIIT mengombinasikan latihan dengan intensif tinggi serta intensif rendah dengan berganti-gantian. Contohnya, jalan cepat sepanjang 30 detik, lalu diselingi jalan enjoy sepanjang 30 detik. HIIT pas dikerjakan oleh orang yang baru mulai olahraga atau oleh orang yang telah terlatih olahraga. 

Ada beberapa manfaat HIIT buat kesehatan, seperti memperkuat otot, tingkatkan metabolisme badan, kurangi berat tubuh, kurangi tingkat depresi, membakar kalori, serta turunkan tekanan darah tinggi. Oleh karenanya, olahraga ini baik buat kamu yang alami obesitas atau mempunyai tekanan darah tinggi. 

Tidak hanya banyak manfaat, HIIT dapat di nikmati serta aman dikerjakan oleh semua usia lho. Meskipun begitu, orang yang mempunyai keadaan kesehatan spesial atau berumur lanjut semestinya konsultasi lebih dulu ke dokter. 

Macam Pilihan Pergerakan HIIT 

Kunci dari lakukan HIIT ialah intensif. Oleh karenanya, upayakan untuk tingkatkan intensif latihanmu dalam jalani HIIT. 

Buat kamu yang tidak terlatih olahraga, awalilah lakukan HIIT dengan waktu yang singkat dahulu, lalu pelan-pelan naikkan durasinya. Contohnya, kamu mulai bisa lakukan pergerakan HIIT sepanjang 20 detik, lalu istirahat sepanjang 10 detik. Sesudah beberapa waktu, durasinya bisa naikkan jadi 30 detik dengan istirahat 10 detik. 

Beberapa pilihan pergerakan yang dapat kamu kerjakan untuk HIIT ialah: 

1. Jalan kaki 

Walau kelihatan simpel, jalan kaki dapat bawa efek positif lho. Coba jalan cepat sepanjang 30 detik, lalu jalan enjoy sepanjang 30 detik. Kerjakan dengan berganti-gantian sampai kira-kira 30 menit. Untuk hasil yang optimal, kamu dapat lakukan latihan ini sekitar 4 kali pada sebuah minggu. 

2. Jogging 

Tidak perlu modal besar untuk memperoleh badan yang sehat. Dengan lakukan jogging, kamu dapat juga lakukan HIIT. Triknya ialah jogging jadi pemanasan, lari cepat (sprint) sepanjang 15 detik, serta jalan kaki atau jogging sepanjang 1-2 menit. Ulangilah pergerakan ini sepanjang 10-20 menit. 

3. Squat jump 

Pergerakan olahraga squat jump dapat juga jadi salah satunya pilihan pas untuk HIIT. Triknya, kerjakan squat jump sepanjang kira-kira 30-90 detik, lalu berdiri atau berjalan kaki sepanjang 25-30 detik. Ulangilah pergerakan itu dengan berganti-gantian sepanjang kira-kira 10-20 menit. 

4. Bersepeda 

Buat kamu yang suka bersepeda, jangan cemas, tehnik HIIT dapat juga diaplikasikan dalam olahraga ini. Triknya dengan bersepeda sepanjang 2 menit dalam kecepatan 15-20 km. (km) /jam. Kemudian, naikkan kecepatannya sampai 25-30 km /jam sepanjang 20-30 detik, lalu kembali pada kecepatan awal. 

HIIT memang baik dikerjakan sebab bisa bawa efek positif untuk kesehatan. Tetapi, jangan begitu memaksa diri, sebab tiap orang memiliki potensi badan yang berlainan. 

Sebaiknya kamu konsultasi ke dokter terlebih dulu sebelum lakukan HIIT, terutamanya buat kamu yang mempunyai keadaan kesehatan tersendiri, contohnya kisah penyakit jantung atau tekanan darah tinggi. 

Baca Juga