4 Olahraga ekstrem ini bisa kamu Coba di Indonesia

Foto : pixabay

Penggemar ketinggian memang seringkali dihubungkan dengan berolahraga ekstrim. Bagaimana tidak, umumnya beberapa yang suka ketinggian condong pilih olahraga seperti melayang-layang agar nikmati panorama serta sapuan angin. Tetapi umumnya olahraga semacam itu banyak di negara maju seperti Singapura atau Amerika. Nah, nyatanya kamu dapat juga mengerjakannya di Indonesia lho. Ingin tahu olahraga ekstrim apa yang berada di negeri sendiri? Tersebut daftar serta rata-rata budgetnya. 

1. Skydiving, terjun bebas dari helikopter 

Skydiving seringkali disejajarkan dengan terjun payung, walau sebenarnya berlainan lho guys. Terjun payung ialah olahraga melonjak dari ketinggian memakai parasut untuk perlambat pergerakan jatuh. Nah, jika Skydiving parasut tidak langsung dibuka. Kamu akan lakukan free fall sepanjang kira-kira satu menit sebelum buka parasutmu. Ingin tahu kan bagaimana rasa-rasanya jatuh bebas dengan kecepatan lebih dari 100km/jam?


Di Indonesia banyak spot skydiving yang umumnya didatangi beberapa olahragawan. Tetapi, untuk kamu yang belum mempunyai lisensi terbang, kalian dapat tandem terlebih dulu, yaitu terbang ditemani pelatih dengan satu parasut. Di Indonesia hal itu dapat dikerjakan di wilayah Jawa Barat dibawah lisensi Nusawiru Paracenter. Disana kalian akan dibawa naiki helikopter mini sebelum dijatuhkan dari ketinggian 7000-10.000 kaki. Wow! Loading... 

Berani coba? Cukup hanya 4-5 juta, kamu telah memperoleh pengalaman tandem skydiving yang tidak terlewatkan. 

2. Paralayang/Paragliding, terbang di batas ketinggian 

Bila skydiving barusan terjun dari helikopter, di paralayang kalian tidak memerlukan itu. Paralayang sendiri ialah olahraga terbang bebas dengan memakai parasut yang terlepas landas dengan kaki, umumnya dikerjakan dari atas gunung atau lereng bukit.


Di Indonesia banyak spot untuk lakukan paralayang. Di wilayah Jawa, olahraga ini dapat kamu jumpai di Pucuk, Bogor. Bila belum mempunyai lisensi, kalian dapat lakukan tandem dengan pelatih yang telah bersertifikat. Cukup dengan merogoh kocek 300-400 ribu rupiah saja kalian bisa terbang bebas sepanjang 15-20 menit. Tidak akan membuat bokek kok! 

3. Terbang dengan Paramotor. 

Pernah dengar olahraga paramotor? Olahraga ini terhitung olahraga dirgantara, jadi lumrah bila namanya belum begitu familiar di Indonesia. Paramotor sendiri ialah olahraga yang menggabungkan adrenalin serta piknik. Di olahraga ini kamu akan terbang memakai mesin/motor yang dibantu dengan parasut.


Di Indonesia bila kamu belum mempunyai izin terbang, kamu dapat juga tandem di ruang Lido Resort, Sukabumi. Dibawah lisensi Pegasus Aero Klub, kamu akan dibawa terbang sepanjang 15 menit – 2 jam. Cukup hanya ongkos 600 ribu rupiah sampai 4 juta bergantung waktu lama terbang. Buruan gih nabung! 

4.Bungee Jumping/Rope Jumping 

Jika olahraga yang satu ini sudah pasti seringkali dengar ya. Di Indonesia bungee jumping telah tersedia banyak di Bali atau Lombok. Bungee jumping atau rope jumping ialah olahraga dengan melonjak dari ketinggian tersendiri memakai tali yang diikat di ke-2 kaki.


Bedanya, rope jumping memakai perlengkapan panjat tebing, seperti tali karmantel, seat harness dan lain-lain. Ini sebab harga tambah murah daripada perlengkapan spesial bungee jumping, tetapi masih jamin keamanan kok. Untuk bungee jumping kamu dapat keluarkan ongkos sebesar 850 ribu rupiah. Sedang untuk rope jumping kamu dapat mengerjakannya di Jembatan Rajamandala, Mandalawangi, Bandung serta Jembatan Duwet, Kulon Progo, Yogyakarta. Cukup hanya 200 ribu rupiah kamu bisa lompat bebas. Tidak takut kan?

Baca Juga

Load comments

Comments